Inilah Penyebab – Penyebab Tubuh Mudah Lelah

Inilah Penyebab РPenyebab Tubuh Mudah Lelah РApakah kamu akhir Рakhir ini sering merasa mudah lelah meskipun sudah istirahat cukup? Banyak faktor dan penyebab kenapa tubuh mudah lelah.

Inilah Penyebab - Penyebab Tubuh Mudah Lelah

Dari asupan makanan yang kurang, sampai gaya hidup yang kurang sehat. Jika kamu merasakan seperti itu, ada baiknya untuk mengetahui faktor dan penyebabnya.

Dengan begitu kamu bisa mengubahnya agar tubuh kembali fit dan prima sehingga dapat melakukan berbagai aktifitas sehari – hari dengan lancar.

Seperti yang kami lansir dari KlikDokter.com, berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Penyebab Tubuh Mudah Lelah

1. Kekurangan Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu asupan yang dapat membantu kamu tetap prima. Ada beberapa sumber zat besi seperti telur, kacang merah, tahu, sayuran berdaun gelap, daging tanpa lemak, dan kacang – kacangan.

Jadi mulai sekarang rajinlah mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi yang banyak agar tubuh tidak mudah lelah.

2. Kurang Air Putih

Ahli diet kesehatan Den Hogan Sports Medicine Texas, Amy Goodson, menjelaskan jika dehidrasi merupakan salah satu penyebab kelelahan.

Ini karena dehidrasi menyebabkan penurunan volume darah sehingga darah menjadi lebih kental. Dengan begitu tugas jantung dalam memompa darah semakin berat dan kurang efisien.

3. Terlalu Banyak Kafein

Tiga cangkir kopi setiap hari sangat baik bagi kesehatan. Namun berlebihan mengkonsumsi kafein dapat membuat tubuh kamu mudah lelah, itu karena mengganggu siklus tidur – bangun.

Baca Juga :

Kandungan kafein mengahalangi adenosin, produk sampingan dari sel aktif yang mendorong kamu tidur. Studi dari Journal of Clinical Sleep Medicine menjelaskan jika mengkonsumsi kafein sebelum tidur dapat mempengaruhi istirahat kamu.

4. Meninggalkan Sarapan

Saat kamu tidur, tubuh akan memompa darah dan oksigen agar tetap mengalir dengan menggunakan makanan yang kamu konsumsi saat malam hari. Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan sarapan di pagi hari.

Goodson menjelaskan jika sarapan mampu membantu tubuh untuk melakukan metabolisme tubuh. Sarapan menggunakan protein tanpa lemak dan biji – bijian sangat disarankan.

5. Kurang Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin sangat berguna agar tubuh tetap prima dan tidak mudah lelah. Setelah melakukan aktifitas, usahakan melakukan olahraga sebelum istirahat.

Studi dari University of Georgia menjelaskan, melakukan olahraga secara teratur dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh. Sistem kardiovaskular juga akan berjalan secara efektif dan efisien.

6. Terlalu Banyak Karbohidrat dan Gula

Kandungan gula darah yang tinggi merupakan salah satu penyebab. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein tanpa lemak dan gandum sangat bermanfaat untuk menjaga gula darah tetap stabil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close