Bagaimana Cara Merawat Kulit Kering, Berminyak, dan Sensitif? Inilah Beberapa Tipsnya

Bagaimana Cara Merawat Kulit Kering, Berminyak, dan Sensitif? Inilah Beberapa Tipsnya¬†–¬†Wajah yang cerah, sehat, dan mempesona merupakan keinginan setiap orang, tidak hanya wanita saja, namun para pria juga. Namun untuk merawatnya, terlebih dahulu kita mengetahui jenis kulit seperti apa yang kita miliki.

Cara Merawat Kulit Kering, Berminyak, dan Sensitif

Hal ini karena setiap jenis kulit memiliki metode atau cara merawat yang berbeda – beda. Jenis – jenis kulit ini seperti kulit kering, sensitif, dan berminyak.

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan beberapa cara merawat beberapa jenis kulit seperti kulit kering, berminyak, dan sensitif. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Cara Merawat Kulit Kering, Berminyak, dan Sensitif

1. Merawat Kulit Kering

Ciri – ciri dari jenis kulit kering adalah akan terasa kasar saat disentuh. Selain kasar, kulit kering biasanya terlihat bersisik. Salah satu cara untuk merawat jenis kulit ini adalah dengan memanfaatkan produk perawatan kulit yang khusus untuk kulit kering.

Biasanya produk perawatan ini memiliki manfaat melembabkan yang lebih baik dari produk perawatan kulit lainnya.

Tidak hanya itu saja, sebelum melakukan aktifitas di luar ruangan, disarankan untuk menggunakan tabir surya terlebih dahulu untuk mencegah sinar UV yang dapat menghilangkan kelembapan kulit.Menghindari terlalu lama di ruangan AC juga salah satu cara untuk merawat kulit kering.

Baca Juga :

Selanjutnya untuk kamu yang memiliki kulit wajah kering, gunakanlah moisturizer atau pelembap wajah yang mengandung bahan – bahan alkil-poliglikosida, parafin, polietilen glikol, lanolin, dan surfaktan silikon.

Bahan – bahan tersebut sangat baik untuk merawat kulit wajah yang kering. Apabila kelembapan kulit berkurang, gunakanlah pelembab dengan kandungan petroleum jelly yang bermanfaat untuk hidrasi kulit.

Kandungan petroleum jelly bermanfaat untuk menahan air yang terdapat pada permukaan kulit serta mencegah kulit menjadi pecah – pecah dan kering. Cukup oleskan pelembap wajah dengan satu jari lalu ratakan ke seluruh kulit wajah.

Hindari mandi dengan air hangat juga salah satu cara untuk merawat kulit kering karena air hangat bisa menghilangkan minyak pada kulit.

2. Kulit Berminyak

Jenis kulit berminyak biasanya memiliki ukuran pori – pori yang lebih besar dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kulit terlihat mengkilap.

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit ini, gunakanlah produk perawatan kulit wajah yang memiliki kandungan benzoil peroksida dan asam salisilat.

Benzoil peroksida bermanfaat untuk membantu mengecilkan ukuran pori – pori dan mencegah tumbuhnya jerawat. Sementara itu untuk asam salisilat berfungsi untuk mengangkat dan menghilangkan sel kulit yang mati.

Menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki karakter non-comedogenic dan oil-free juga sangat dianjurkan. Hal ini berfungsi agar kulit tidak memproduksi minyak secara berlebihan. Namun kamu juga harus tetap menggunakan pelembap agar kulit tetap dalam kondisi lembap.

Untuk menyerap produksi minyak berlebih, gunakan blotting face paper saat melakukan berbagai aktifitas.

Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, kurangi mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan minyak yang tinggi. Menjaga pola makan sehat juga sangat dianjurkan agar kulit tetap sehat.

Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu mengurangi konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi yang bisa menyebabkan gula darah meningkat. Makanan – makanan itu diantara lain biskuit, minuman berkaleng, gula, dan kue.

3. Kulit Sensitif

Biasanya bagi orang yang memiliki kulit sensitif, akan sering merasa gatal dan perih. Untuk merawat kulit jenis ini, kamu terlebih dahulu untuk mencari tahu zat – zat yang bisa mengganggu kulit. Hal ini dilakukan agar kamu dapat menghindarinya.

Menggunakan pembersih kulit wajah dengan jenis cleansing milk atau krim yang menyerupai susu merupakan cara untuk merawat kulit jenis ini. Didalam produk pembersih kulit ini mengandung air yang sedikit, namun kandungan gizinya sangat banyak yang berfungsi untuk merawat kulit sensitif.

Baca Juga :

Apabila kamu sudah menggunakan produk pembersih ini, selanjutnya basuhlah menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan handuk lembut secara perlahan.

Hindarilah produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, pewangi, dan asam karena bisa menyebabkan efek yang kurang baik bagi kulit sensitif. Produk dengan bahan dasar alami seperti teh hijau, aloe, dan chamomile lebih baik kamu gunakan.

Selain itu batasi penggunakan produk perawatan kulit wajah yang bersifat eksfoliator atau pengelupas karena bisa menyebabkan kulit iritasi.

Terakhir jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya sebelum melakukan aktifitas diluar ruangan agar kulit terlindungi dari sinar UV.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close