Cara Menjaga Kesehatan Organ Hati Dengan 5 Makanan Ini

Cara Menjaga Kesehatan Organ Hati Dengan 5 Makanan Ini¬†–¬†Salah satu organ yang paling besar di tubuh kita adalah hati. Ini karena organ hati memiliki berat sekitar 1,2 – 1,5 KG. Organ hati memiliki fungsi yang banyak dan berat, maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan organ hati agar tubuh tetap dalam kondisi yang baik.

Cara Menjaga Kesehatan Organ Hati Dengan 5 Makanan Ini

Hati memiliki tugas untuk mendaur ulang sel darah merah yang tua dan rusak menjadi sel darah merah yang baru. Selain itu organ hati juga bertugas untuk membekukan sebuah pendarahan yang juga dibantu oleh vitamin K.

Fungsi penting lainnya dari hati adalah membantu sistem metabolisme tubuh agar tetap berjalan dengan baik. Lemak yang kamu konsumsi, akan diproses oleh hati dan mengubahnya menjadi energi untuk tubuh. Asam empedu yang merupakan hasil dari hati juga memiliki fungsi untuk memproses lemak.

Sementara itu organ hati juga memiliki fungsi untuk memproses karbohidrat dan mengubahnya menjadi sebuah energi untuk tubuh. Jika tubuh kelebihan karbohidrat, hati akan menampungnya dengan merubahnya menjadi glikogen.

Baca Juga :

Nah, jika sewaktu – waktu tubuh membutuhkan karbohidrat tambahan, maka organ hati akan memecah glikogen tadi menjadi sebuah energi.

Bagaimana? Fungsi dari hati sangat penting bukan? Maka dari itu penting sekali untuk menjaga kesehatan organ hati agar tetap dalam keadaan yang sangat baik sehingga semua fungsinya dapat berjalan dengan optimal. Kamu bisa menjaga kesehatan organ hati dengan makanan – makanan berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Organ Hati Dengan 5 Makanan Ini

1. Kopi

Selain rasanya yang enak dan nikmat, kopi yang memiliki sejuta penggemar sangat bermanfaat untuk organ hati. Kandungan antioksidan pada kopi telah terbukti bisa menurunkan risiko terkena masalah pengerasan hati atau sirosis.

2. Tomat

Salah satu bahan dapur yang berbentuk bulat ini ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, terutama untuk hati kita. Didalam tomat terkandung zat antihipertensi, antioksidan, dan antiradang yang bernama zat naringenin. Dengan rajin mengkonsumsi tomat, maka kesehatan hati dapat terjaga.

3. Anggur

Siapa yang suka dengan buah anggur? Buah yang memiliki bentuk bulat kecil dan rasanya manis membuatnya banyak disukai. Buah anggur memiliki manfaat yang besar untuk hati. Ini berkat kandungan zat resveratrol. Zat ini merupakan antikanker dan antioksidan yang kuat. Diserap dengan sempurna melalui oral, sebesar 75%, resveratrol mampu melindungi dan mencegah hati dari kerusakan.

4. Temulawak

Temulawak atau kurkuma terkenal sebagai obat tradisional yang memiliki banyak manfaat besar. Salah satunya adalah bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati. Antioksidan dan antikanker pada temulawak telah terbukti mampu menjaga hati dari kerusakan.

5. Apel

Buah apel, ya hampir setiap orang menyukai buah ini. Selain rasanya yang manis dan enak, buah apel juga bermanfaat untuk menjaga hati tetap dalam kondisi sehat. Salah satu kandungan yang bernama zat quercetin pada apel memiliki fungsi sebagai antibakteri, antiradang, antioksidan, dan antikanker. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi apel secara rutin agar hati tetap sehat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close