5 Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat Dengan Cepat

5 Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat Dengan Cepat¬†–¬†Saat ini kebanyakan orang dewasa memiliki gangguan daya ingat yang ditandai dengan sering lupa dengan sesuatu. Sebaiknya hal ini jangan dianggap sepele, karena ini merupakan tanda awal dari demensia.

5 Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat

Demensia? Apa itu demensia? Demensia merupakan suatu gejala yang diakibatkan oleh fungsi daya ingat yang menurun. Jika ini sering terjadi dan dibiarkan, bisa jadi akan mengalami pikun dini atau pikun pada waktu yang belum seharusnya.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang cara mudah meningkatkan daya ingat dengan cepat yang bisa kamu lakukan sekarang. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

5 Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat Dengan Cepat

1. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan aktifitas yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan rajin berolahraga, juga bisa meningkatkan daya ingat kamu dengan cepat. Studi yang dilakukan oleh British Journal of Sports Medicine menjelaskan jika orang yang rajin berolahraga akan mengalami peningkatan volumi pada struktur otak. Struktur otak inilah yang bertanggung jawab dalam penyimapanan memori atau hipokampus. Olahraga aerobik seperti berenang, senam, jogging, dan jalan cepat merupakan yang terbaik untuk meningkatkan daya ingat.

2. Tidur Cukup

Kebutuhan waktu tidur harus benar – benar terpenuhi karena sangat penting untuk kemampuan daya ingat. Perlu kamu ketahui, kebutuhan waktu tidur orang dewasa adalah 6 – 9 jam per hari. Tubuh akan memproduksi sebuah hormon yang bertanggung jawab meregenerasi sel otak saat tidur. Selain itu otak akan menyusun kembali memori semua hal yang terjadi sepanjang hari agar ‘rapih’ dan dapat bertahan lama di otak.

3. Berlibur

Berlibur tidak hanya identik dengan pergi ke tempat wisata, namun juga bisa melakukan hal yang menyenangkan bagi tubuh kamu. Dengan begitu maka syaraf otak (sinaps) akan terbentuk lebih banyak sehingga membuat kemampuan daya ingat akan semakin meningkat.

4. Membaca Buku

Selain memiliki manfaat mendapatkan ilmu pengetahuan, membaca buku juga bisa menurunkan risiko gangguan daya ingga sampai 50%. Bacalah buku yang sesuai dengan minat kamu sepeti buku pengetahuan umu, novel, dan lain sebagainya.

5. Berinteraksi Dengan Teman

Sebuah studi di Amerika menjelaskan bahwa orang lanjut usia yang sering berinteraksi jarang mengalami gangguan daya ingat. Dengan mengobrol bersama teman, selain mempererat tali persaudaraan, juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat kamu.

Demikian cara meningkatkan daya ingat yang bisa kami berikan kepada kamu. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close