10 Makanan Untuk Meningkatkan Konsentrasi Otak

10 Makanan Untuk Meningkatkan Konsentrasi OtakĀ – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi otak. Salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi 10 jenis makanan berikut ini yang telah terbukti dapat meningkatkan konsentrasi.

10 Makanan Untuk Meningkatkan Konsentrasi Otak

Konsentrasi merupakan hal yang sangat penting. Karena segala aktifitas pada satu hari, sangat memerlukan yang namanya konsentrasi. Jika konsentrasi baik, maka aktifitas dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya akan memuaskan.

Berikut ini adalah makanan untuk meningkatkan konsentrasi otak yang bisa kamu coba.

10 Makanan Untuk Meningkatkan Konsentrasi Otak

1. Ikan Salmon

Ikan merupakan makanan yang sudah terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk otak. Namun dari banyaknya ikan yang ada, salmon merupakan ikan yang paling banyak mengandung asam lemak omega-3. Manfaat asam lemak omega-3 ini adalah memperbaiki sel otak yang rusak, memperkuat hubungan antar sel di otak, dan menghambat penurunan kognitif. Selain omega-3, kandungan protein pada ikan salmon juga bermanfaat untuk membantu otak menjadi lebih fokus.

2. Teh Hijau

Manfaat teh hijau sangatlah banyak, dan salah satunya adalah untuk meningkatkan konsentrasi otak. Kandungan asam amino theanine yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak sehingga membuat lebih fokus. Selain itu teh hijau juga bermanfaat untukĀ kecantikan dan kesehatan lainnya.

Baca Juga :

3. Air Putih

Salah satu penyebab konsentrasi otak menurun adalah kurangnya cairan tubuh yang disebabkan kurang minuma air putih. Dengan minum air putih yang cukup setiap harinya, maka konsentrasi otak akan menjadi lebih baik.

4. Cokelat

Selain rasanya yang manis dan nikmat, cokelat memiliki manfaat yang baik untuk otak yaitu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Sebuah studi yang dilakukan membuktikan jika seseorang yang meminum minimal 2 gelas per hari, akan memiliki kemampuan konsentrasi dan daya ingat yang baik.

5. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu buah yang masuk dalam keluarga buah berries. Blueberry mengandung antioksidan yang sangat banyak yang bermanfaat untuk menjaga otak dari bahaya radikal bebas. Selain itu blueberry juga bermanfaat untuk mengurangi risiko demensia atau pikun (sering lupa) dan meningkatkan memori otak sehingga daya ingat menjadi lebih baik.

Baca Juga :

6. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang rendah kalori dan membuat kenyang lebih lama. Dengan sarapan oatmeal setiap hari, dapat meningkatkan konsentrasi otak.

7. Sayur Bayam

Didalam sayur bayam, terkandung beta karoten, folat, dan lutein yang sangat banyak. Kandungan – kandungan ini memiliki manfaat yang besar seperti mencegah demensia atau sering lupa. Bahkan banyaka ahli saraf didunia yang merekomendasikan untuk mengkonsumsi bayam secara rutin.

8. Pisang

Buah pisang merupakan buah yang memiliki kandungan bermanfaat yang banyak. Salah satunya adalah kandungan mineral dan potasium yang memiliki manfaat besar untuk jantung, saraf, dan otak. Sebuah penelitian mengungkapkan jika seorang murid yang rajin mengkonsumsi pisang sebelum ujian, akan memiliki kemampuan lebih baik dan mendapatkan hasil ujian yang baik.

9. Telur

Didalam telur, terutama bagian kuningnya, terkandung DHA dan omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Didalam telur juga terkandung kolin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel – sel otak.

10. Buah Bit

Mungkin kalian sedikit asing dengan nama buah ini. Namun, nyatanya buah ini memiliki manfaat yang besar yaitu meningkatkan konsentrasi otak. Didalam buah bit terkandung nitrat yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah. Jika pembuluh darah melebar, maka aliran darah akan lebih lancar. Dengan begitu peredaran darah serta oksigen ke otak akan lebih baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close